11 Resiko Terbesar Menjalani Hubungan Jarak Jauh

LDR

Punya pacar atau pasangan yang sedang berada jauh di sana cukup membuat hati dan pikiran ini sulit menerimanya. Tapi itu mungkin ujian atau memang keharusan yang sedang dihadapi. Seseorang gebetan yang baru kita kenal misalkan dari media sosial yang ternyata lokasi rumahnya jauh dengan kita, membuat hati bertanya-tanya mau diapakan hubungan ini.

Ketika kita sudah memiliki kekasih dan dengan suatu alasan yang jelas atau tidak jelas harus terpisah dengan jarak membuat kita harus merelakan kepergiannya dan kejauhannya. Terpisah karena urusan pekerjaan, pendidikan atau berbagai hal lainnya membuat hubungan berpasangan ini menjadi long distance relationship atau LDR. 

Suatu hubungan berpasangan akan mempunyai dampak karena terpisahkan oleh suatu jarak, berikut di bawah ini 11 resiko terbesar menjalani hubungan jarak jauh : 

1. Berpontensi akan terjadinya perselingkuhan diantara keduanya. Dengan kesepian dan kebutuhan seorang pendamping atau seseorang yang benar-benar ada ketika dibutuhkan membuat pasangan ada selingkuh. Karena berharap dari pasangannya sendiri sudah tidak mungkin, karena telah dipisahkan oleh sebuah jarak. 

2. Komunikasi terasa bosan, hubungan jarak jauh paling hanya melalui surat, suara telephone atau video call saja. Dengan komunikasi seperti itu membuat percakapan terasa bosan, suatu percakapan seperti itu tidak membuat hubungan terasa nyaman, meskipun sebagian ada yang merasa sudah cukup nyaman dengan komunikasi seperti itu. 

3. Butuh biaya besar jika melakukan komunikasi secara rutin. Apalagi jika sudah beda negara, yang tagihan sudah membumbung tinggi. Ini akan membutuhkan biaya yang tidak kecil, sedangkan hubungan jarak jauh yang hanya di luar kota mungkin masih terjangkau dengan kantong anda sendiri. 

4. Kesepian yang begitu mendalam akan selalu dijalani setiap hari. Ya mungkin jika dilihat dari mata, orang yang menjalani hubungan jarak jauh baik-baik saja, tapi hati seseorang itu akan selalu kesepian. Kita tidak dapat pungkiri hal itu, karena sudah banyak yang mengalami. 

5. Saling curiga satu sama lain akan dialami mereka berdua. Setiap pasangan jarak jauh akan selalu timbul kecurigaan seperti rasa keingintahuan apa yang dilakukan pada setiap pasangannya. Rasa curiga seperti, apakah dia benar sedang bekerja, apakah dia benar sedang belajar meraih pendidikannya, dan masih banyak kecurigaan yang lain. 

6. Timbul kebohongan sedikit demi sedikit. Hal ini karena merasa tidak akan ketahuan juga, sebab dianggap sulit dibuktikan karena jarak itu sendiri, dan pelaku LDR yang sering berbohong lebih mudah untuk menutupi kebohongannya. 

7. Hilangnya kepercayaan kepada kedua belah pihak pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Kepercayaan seseorang akan terkikis waktu demi waktu karena telah lama tak bertemu yang dipisahkan oleh jarak. Kalau sudah hilang kepercayaan akan sulit lagi untuk membangunnya, butuh waktu lama untuk membangun kepercayaan itu kembali. 

8. Membuang waktu yang sia-sia, jika seseorang menjalani hubungan jarak jauh dan ternyata gagal, ini akan membuang waktu yang sia-sia selama ini. Bayangkan saja jika hal ini sudah dijalani bertahun-tahun, dan ternyata hubungan seperti ini tidak bisa dipertahankan, yang harusnya kita memanfaatkan waktu yang berharga, namun kenyataannya malah membuang waktu yang percuma saja.

9. Suatu kebodohan kecil atau besar akan dialami kepada pasangan yang memilih menjalani hubungan jarak jauh. Kebodohan itu akan terlihat dimulai dari pertama kali mengambil sebuah keputusan untuk mau menjalani hubungan jarak jauh itu. Mungkin anda terlihat pintar, tapi akan terlihat bodoh dari orang lain yang melihatnya, itu tercermin dari perilaku dan sikap-sikap anda pada saat proses menjalani hubungan itu. 

10. Penyesalan yang begitu mendalam jika hubungan jarak jauh ini tidak berhasil. Penyesalan akan datang belakangan, jika hal ini terjadi seseorang orang itu akan down dan tidak bersemangat lagi, bahkan ada yang sampai frustasi karena mengalami kegagalan dalam mempertahankan hubungan yang seperti ini. 

11. Butuh kesabaran ekstra dalam mempertahankan hubungan jarak jauh. Kalau seseorang sulit untuk bersabar dalam menyikapi hubungan seperti ini maka akan cepat berakhir. Cobaan masalah akan selalu datang menghampiri keduanya. Karena hal itulah dibutuhkan kesabaran yang ekstra dalam menjalani mempertahankan suatu hubungan jarak jauh. 

Itu saja yang bisa dijelaskan, namun sepertinya masih ada lagi resiko terbesar menjalani hubungan jarak jauh. 

Selalu setia dan kepercayaan harus diciptakan kepada setiap pasangan masing-masing. Karena hal itu mungkin saja bisa membuat hubungan jarak jauh bisa bertahan. Memang banyak yang sedang mengalami hubungan jarak jauh, tapi kita harus bisa mencermati setiap bagian penting dari hubungan jarak jauh itu. 

Yaps sekian dulu teman-teman, terima kasih sudah membacanya.

Comments

  1. Betul sekali,harus membutuhkan kesabaran ekstra,saya sendiri sedang menjalani hubungan jarak jarak jauh dan hubungan berjalan tiga tahun lebih mendekati empat tahun,bertengkar sering terjadi,cemBuru dan curiga selalu menghantui pikiran,...semoga semua bisa d jalani dgn baik....komitmen bersama yg mesti jadi pegangan dalam berhubungan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog