Penyebab Pasangan Anda Menjadi Overprotectif


Rasa aman dan nyaman dalam jalinan cinta kasih dengan orang yang kita sayang sangat banyak diinginkan semua orang. Terlebih semua itu didasari dengan rasa yang ikhlas tanpa pamrih sekecil apapun.

Pasangan yang senantiasa ada disaat yang kita butuhkan, membuat hidup kita terasa lebih mudah, karena sudah ada seseorang yang sedikit membantu dalam kehidupan sehari-hari. Perhatian yang kita dapatkan setiap hari membuat kita terasa semakin sayang kepada dia. 

Namun, ada kalanya semua itu akan berubah dengan kondisi dan waktu yang tidak bisa kita tentukan. Perhatian yang sudah berlebihan membuat kita justru semakin risih atau tidak merasa nyaman. Bahkan malahan dapat mengganggu aktifitas dikehidupan kita sehari-hari. 

Sebenarnya apa sih yang membuat pasangan kita menjadi demikian? Di bawah ini penyebab pasangan anda menjadi overprotectif : 

1. Terlalu sayang dengan anda. Perasaan sayang yang sudah terlampau jauh membuat pasangan anda memungkinkan untuk selalu menjaga hati dan perasaannya. Dia tidak ingin anda terluka, kalau anda terluka itu sama saja melukai juga perasaannya. Hal seperti inilah yang membuat dia menjadi overprotectif. 

2. Khawatir diganggu dengan orang lain. Biasanya pasangan anda mengirim bodyguard atau adapun seperti mata-mata yang senantiasa mengawasi kegiatan anda sehari-hari. Anda jadi tidak bebas jika ada bodyguard yang menemani anda kemana-mana. Memang cukup aman, namun anda merasa tidak nyaman dengan kehadirannya. 

3. Trauma di masa lalu. Mempunyai kenangan buruk atau pernah gagal hubungan di masa lalunya membuat seseorang menjadi trauma takut kehilangan orang dia cintai. Psikis seperti ini sering mengekang kepada pasangannya. Kalau sudah demikian kehidupan anda seperti burung dalam sangkar. Anda jadi sulit kemana-mana dan semua serba dibatasi. 

4. Takut dia selingkuh. Kekurangan yang dia miliki mungkin belum bisa diterima bagi anda. Rasa takut kalau anda akan selingkuh, membuat dia sendiri tidak percaya dengan apa yang anda lakukan. Orang seperti ini sangat takut kalau anda melirik orang lain. Sebab itulah anda selalu dalam pengawasan dia yang kemungkinan besarnya, membuat dia takut kalau anda akan selingkuh. 

5. Watak yang egois. Sering salah dalam menilai orang dan bahkan meniru gaya berpasangan orang lain, akan membentuk kharakter yang bukan dirinya. Perilaku demikian menjadi sugesti dalam kehidupan pribadinya. Pertempuran hati yang tidak mampu untuk dikalahkan membuat dirinya menjadi egois. Kalau sudah begini biasanya dia suka memaksakan kehendaknya. Apa yang dia inginkan anda dipaksa untuk melakukannya. 

Mengawasi kegiatan yang dilakukan pasangan kita memang perlu, namun jangan terlalu berlebihan, karena bisa merugikan orang lain dan anda sendiri. Bersikaplah sewajarnya, dan tidak selalu mengekang orang lain. 

Manusia pada dasarnya punya hak privasi dan kebebasan yang kita sendiri tidak punya hak untuk menguasainya. Cukup berilah batasan yang memang sekiranya tidak baik bagi dia. 

Rasa aman yang diinginkan seseorang, tidak harus selalu dikekang atau diawasi terus-menerus secara berlebihan. Sikap yang demikian justru malahan membuatnya merasa tidak nyaman. 

Masih ada cara lain untuk membuat pasangan menjadi aman dan nyaman tanpa perlu dengan sikap yang berlebihan. Saling percaya satu sama lain dan memberi hak privasi kebebasannya yang tidak melampui batas, dapat membuat pasangan anda nyaman menjalin hubungan dengan anda. 

Oke sekian dulu teman-teman, terima kasih sudah baca tulisan ini sampai selesai. Selebihnya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog