12 Cara Bagaimana Menjaga Suatu Hubungan Dalam Berpasangan

Menjaga Hubungan

Memiliki seseorang yang kita sayang adalah dambaan setiap semua orang. Dimulai saat pertama kali kenal, masa-masa penjajakan hingga cinta kita dapat diterima dengan hati seseorang yang kita sayangi. Mendapatkan cinta seseorang mungkin terasa lebih mudah, meskipun mengalami proses yang sangat sulit hingga terjatuh dan terjatuh lagi.

Namun dalam suatu hubungan berpasangan ada suatu hal yang mungkin sulit dialami sebagian banyak orang, yaitu menjaga suatu hubungan. Semakin lama kita mengenal seseorang, maka semakin dalam juga kita mengetahui watak seseorang. Untuk mengetahui watak seseorang tidak bisa dilihat dari fisik atau cara berbicaranya, melainkan dengan berbagai hal. 

Ketika kita sudah cukup mengetahui watak atau karakter dari pasangan kita, apakah kita akan mempertahankan atau mengakhiri hubungan pasangan dengan dia tersebut? 

Jika kita telah mengetahui watak atau karakter dari pasangan kita dan kita memilih untuk mempertahankan hubungan dengannya, maka di bawah ini dijelaskan 12 cara bagaimana menjaga suatu hubungan dalam berpasangan : 

1. Kejujuran, dengan selalu berbicara jujur kepada pasangan kita dan tidak berbohong memberikan kepercayaan pada seseorang yang kita sayangi dan kasihi. Terkadang satu kali saja kita berbohong, maka sulit sekali orang itu memberikan kepercayaan kita lagi. Jujur itu sangat penting, karena dapat mencerminkan diri manusia itu sendiri.

2 . Memberikan senyum akan selalu menceriakan wajah dari pasangan kita. Senyum itu ibadah dan akan selalu terlihat manis dari mata seseorang yang melihatnya. Selain itu senyum juga memberi kesehatan yang baik pada kita. Sikap ramah yang disertai senyuman memberikan aura positif kepada setiap pasangan.

3. Menyapa setiap hari dengan orang yang kita sayangi. Ucapan selamat pagi, siang dan malam akan menimbulkan efek kehangatan dalam suatu hubungan. Apalagi jika sedang tidak berada di sampingnya, misalnya ketika kita sedang kerja atau berada di tempat lain. 

4. Mengingatkan hal penting, saling mengingatkan hal yang dibutuhkan atau diperlukan akan sangat membantu, apalagi kalau kita orangnya suka lupa atau terlalu sibuk dalam pekerjaan. Pasangan kita akan memberi tahu barang-barang penting kita ketika kita lupa menaruhnya. Ketika kita terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga telat makan, maka pasangan kita yang selalu mengingatkan kita untuk makan dulu, karena demi kesehatan kita sendiri. 

5. Keterbukaan, selalu terbuka dalam berbagai hal baik ketika sedang dalam masalah atau tidak akan mengetahui keadaan yang sedang dialami dari pasangan kita sendiri. Apakah sedang mengalami kesulitan di dalam keluarganya, seperti keuangan atau masalah lainnya. 

6. Menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Hal ini penting karena untuk menghindari pertengkaran yang kasar yang bisa berakibat benturan fisik kemarahan dari seseorang. Berbicara dengan kepala dingin akan lebih mudah dalam menyelesaikan setiap masalah yang sedang terjadi. 

7. Menghargai pendapat dari pasangan kita. Manusia memang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda, namun kadang seseorang terlihat egois yang tidak mau peduli dengan pendapat orang lain. Jadi kalau pendapat kita mau dihargai maka kita juga harus menghargai pendapat dari orang lain juga dalam hal ini pendapat dari pasangan kita. 

8. Berunding dalam mengambil keputusan. Sebelum dari pasangan kita ingin melakukan sesuatu yang mungkin tidak disetujui maka dengan berunding terlebih dahulu akan mencermati setiap keputusan yang telah diambil dan disepakati bersama. 

9. Berkomitmen dari pasangan yang telah dibuat agar selalu dijalaninya. Setiap pasangan mempunyai komitmen masing-masing. Jika dari pasangan kita melanggarnya, jangan langsung menyalahinya. Tegur pasangan kita, ya mungkin saja dia lalai sehingga melanggar komitmen yang dibuatnya. 

10. Memberi maaf kepada pasangan kita apabila melakukan kesalahan. Manusia memang tidak luput dari salah dan lupa, inilah yang membuat agar kita dapat saling memaafkan satu sama lain. Namun bila memang kesalahan itu dibuat dengan terus menerus, sepertinya orang tersebut sengaja membuat suatu masalah dengan kita. Kalau sudah seperti ini agak sulit juga untuk dimaafkan, dan mungkin biarkan saja untuk dia introspeksi dirinya sendiri sampai dia benar-benar berubah dan pantas dimaafkan. 

11. Jangan terlalu over protectif kepada pasangan kita, beri dia kebebasan namun tidak melampaui batasannya. Hal ini agar kita tidak mengekang kehidupan seseorang, yang pada dasarnya setiap manusia mempunyai kebebasan masing-masing. 

12. Cermat dalam membagi waktu. Setiap pasangan harus bisa membagi waktu seperti memisahkan di mana waktu untuk pasangan kita, keluarga, teman, sahabat, masyarakat dan hobi sekalipun. Tujuan cermat dalam membagi waktu itu penting untuk keselarasan waktu kita dalam kehidupan sehari-hari kita juga. 

Sepertinya itu saja yang bisa dijelaskan, memang akan terasa sulit saat di mana kita mengalami masalah yang diselesaikan dengan pendapat yang berbeda-beda. Untuk itu marilah selalu menghargai setiap keputusan yang telah diambil dari pasangan kita yang telah disepakati bersama. 

Selalu konsisten setiap komitmen yang kita buat akan menciptakan keharmonisan dalam menjalani dan menjaga hubungan yang baik dari pasangan kita. 

Terima kasih teman-teman sudah baca artikel ini sampai selesai.

Comments

Popular posts from this blog